LKPD : Tingkat Keanekaragaman Hayati


Judul :

KEANEKARAGAMAN GENETIK VS KEANEKARAGAMAN SPECIES

Pengantar :

Keanekaragaman Hayati (biodiversitas) menunjukkan keseluruhan variasi baik ciri, sifat, bentuk, penampilan, jumlah yang ditemukan pada mahkluk hidup baik yang hidup liar di alam sampai yang dibudidayakan oleh manusia.

Keanekaragaman mahkluk hidup ini disebabkan oleh adanya keanekaragaman materi genetik sebagai pengendali sifat mahkluk hidup.

Keanakeragaman hayati dapat kita lihat pada tiga (3) tingkatan, yaitu : tingkat genetik, tingkat species dan tingkat ekosistem.

Pertanyaan nya adalah :

Bagaimana kita bisa membedakan tingkat keanekaragaman hayati tersebut ?

Apa contoh masing-masing tingkat keanekaragaman hayati tersebut ?

Tujuan :

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan model discovery Learning, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan untuk Mendeskripsikan perbedaan tingkatan keanekaragaman hayati dan memberikan contoh keanekaragaman hayati pada masing-masing tingkatan setelah melakukan kegiatan pengamatan mahkluk hidup yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Alat dan Bahan :

Manusia (siswa dalam kelas), penggaris, alat tulis, kamera/HP, dll.

Media :

Gambar, manusia,Lcd Proyektor,smarphone,laptop,lingkungan.

Sumber Belajar :

Ratna Ayuk,dkk,2021,Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X,Jakarta,Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Linawati,Dadi,2022,Pendalaman Buku Teks Biologi SMA kelas X,Jakarta,Yudhistira

http://canadianbiodiversity.mcgill.ca/english/theory/threelevels.htm

Langkah-langkah Kegiatan :

1).Bentuklah kelompok kerja yang terdiri atas maksimal 6 peserta didik.

2).Lakukan pengamatan ciri morfologi pada semua anggota kelompok. Dengan mencermati : bentuk mata, bentuk hidung, bentuk wajah/muka, tipe kulit (skin type), jenis rambut, tinggi badan/berat badan, dll.

3).Sajikan hasilnya dalam bentuk tabel (seperti contoh/atau anda bisa mengkreasikan tabel sendiri).

Hasil Kegiatan :

Tabel 1. Variasi ciri-ciri morfologi manusia pada SMA N 1 Bawang kelas X

Diskusi :

Berdasarkan data hasil pengamatan , diskusikan beberapa pertanyaan/permasalahan berikut ini !

a.Apakah ditemukan adanya variasi ciri morfologi pada individu yang diamati ? Jelaskan jawaban anda !

b.Variasi ciri pada individu yang anda amati merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat yang mana ? Jelaskan Jawaban anda !

c.Cermati gambar berikut !

Gambar di atas menunjukkan bahwa famili Hominidea terdiri atas beberapa species yaitu : manusia, Bonobo, Chimpanzee, gorilla dan orang utan. Ini merupakan salah satu contoh keanekaragaman Species/jenis.Coba anda bandingkan dengan variasi ciri pada individu manusia yang anda amati tadi. Apa perbedaannya ? Jelaskan jawaban anda !

d.Coba anda cari contoh lain dari kelompok mahkluk hidup yang menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat genetik, keanekaragaman hayati tingkat species.

Kesimpulan :

Rumuskan , apa kesimpulan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD : Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

LKPD : Percobaan Fermentasi Alkohol (Respirasi)

LKPD : Manfaat Keanekaragaman Hayati