LKPD : Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( Tahap 1 )
Judul :
Perubahan Iklim ; Realitas dan Miskonsepsinya
Tujuan :
Peserta didik memahami, menyadari adanya perubahan Iklim dan miskonsepsi yang terjadi di kalangan ilmuwan
Pengantar :
Manusia adalah bagian dari lingkungan,
Kehidupan manusia sangat tergantung pada keberadaan
lingkungan. Baik itu lingkungan biotik dan maupun lingkungan abiotik.
Ketika lingkungan mengalami perubahan, maka secara
otomatis kehidupan manusia akan mengalami perubahan yang ujungnya bisa
berdampak merugikan manusia juga.
Salah satu perubahan lingkungan yang bisa terjadi adalah
perubahan Iklim.
Pertanyaannya :
a. Apa
tanda terjadinya perubahan iklim yang dapat anda lihat, anda rasakan saat ini ?
b. Apa
saja sumber-sumber penyebab perubahan iklim ?
c. Apa
dampak yang terjadi dari perubahan iklim di lingkungan sekitar ?
Rumuskan jawaban sementara anda !
1. ……………………………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………………………………
Aktivitas :
Untuk menguji kebenaran jawaban anda, silahkan lakukan
kegiatan berikut !
1. Cermati video berikut !
Perdebatan tentang pemanasan global (miskonsepsi)
Tidak semua ilmuwan setuju tentang keadaan dan akibat
dari pemanasan global. Beberapa pengamat masih mempertanyakan apakah temperatur
benar-benar meningkat. Yang lainnya mengakui perubahan yang telah terjadi
tetapi tetap membantah bahwa masih terlalu dini untuk membuat prediksi tentang
keadaan di masa depan. Kritikan seperti ini juga dapat membantah bukti-bukti
yang menunjukkan kontribusi manusia terhadap pemanasan global dengan berargumen
bahwa siklus alami dapat juga meningkatkan temperatur. Mereka juga menunjukkan
fakta-fakta bahwa pemanasan berkelanjutan dapat menguntungkan di beberapa
daerah.
Para ilmuwan yang mempertanyakan pemanasan global
cenderung menunjukkan tiga perbedaan yang masih dipertanyakan antara prediksi
model pemanasan global dengan perilaku sebenarnya yang terjadi pada iklim.
Pertama, pemanasan cenderung berhenti selama tiga dekade pada pertengahan abad
ke-20; bahkan ada masa pendinginan sebelum naik kembali pada tahun 1970-an.
Kedua, jumlah total pemanasan selama abad ke-20 hanya separuh dari yang
diprediksi oleh model. Ketiga, troposfer, lapisan atmosfer terendah, tidak memanas secepat
prediksi model. Akan tetapi, pendukung adanya pemanasan global yakin dapat
menjawab dua dari tiga pertanyaan tersebut.
Kurangnya pemanasan pada pertengahan abad disebabkan
oleh besarnya polusi udara yang menyebarkan partikulat-partikulat,
terutama sulfat, ke atmosfer. Partikulat ini, juga dikenal
sebagai aerosol, memantulkan sebagian sinar matahari kembali ke
angkasa luar. Pemanasan berkelanjutan akhirnya mengatasi efek ini, sebagian
lagi karena adanya kontrol terhadap polusi yang menyebabkan udara menjadi lebih
bersih.
Keadaan pemanasan global sejak 1900 yang ternyata
tidak seperti yang diprediksi disebabkan penyerapan panas secara besar oleh
lautan. Para ilmuan telah lama memprediksi hal ini tetapi tidak memiliki cukup
data untuk membuktikannya. Pada tahun 2000, U.S. National
Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) memberikan hasil
analisa baru tentang temperatur air yang diukur oleh para pengamat di seluruh
dunia selama 50 tahun terakhir. Hasil pengukuran tersebut memperlihatkan adanya
kecenderungan pemanasan: temperatur laut dunia pada tahun 1998 lebih tinggi 0,2
derajat Celsius (0,3 derajat Fahrenheit) daripada temperatur rata-rata 50 tahun
terakhir, ada sedikit perubahan tetapi cukup berarti.
Pertanyaan ketiga masih membingungkan. Satelit
mendeteksi lebih sedikit pemanasan di troposfer dibandingkan prediksi model.
Menurut beberapa kritikus, pembacaan atmosfer tersebut benar, sedangkan
pengukuran atmosfer dari permukaan Bumi tidak dapat dipercaya. Pada bulan
Januari 2000, sebuah panel yang ditunjuk oleh National Academy of
Sciences untuk membahas masalah ini mengakui bahwa pemanasan
permukaan Bumi tidak dapat diragukan lagi. Akan tetapi, pengukuran troposfer
yang lebih rendah dari prediksi model tidak dapat dijelaskan secara jelas.
Sumber : https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pemanasan-global-global-warming-76
berdasarkan video dan artikel di atas, konfirmasikan jawaban sementara anda dengan informasi yang anda terima.
2. Setelah itu diskusikan dengan teman anda !:
1) Bandingkan antara miskonsepsi dengan realitas yang terjadi mengenai perubahan iklam.
2) Tulis di buku catatan anda apa saja yang anda pikirkan mengenai perubahan iklim
Untuk melengkapi informasi anda bisa mengakses beberapa sumber berikut !
Referensi artikel:
1. https://www.kompas.com/tag/dampak-perubahan-iklim
2. https://www.dw.com/id/menyorot-ancaman-perubahan-iklim-di-tengah-pandemi/a-55091002
3. https://teknologi.bisnis.com/read/20201027/84/1310532/indonesia-alami-perubahan-iklim
-ekstrem-di-september-2020#:~:text=10%2F2020)
4. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201022163018-199-561642/bmkg-ungkap-mas
a-masa-kritis-perubahan-iklim-dunia
Komentar
Posting Komentar