LKPD : Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( Tahap 1 )

Judul :

Perubahan Iklim ; Realitas dan Miskonsepsinya

Tujuan :

Peserta didik memahami, menyadari adanya perubahan Iklim dan miskonsepsi yang terjadi di kalangan ilmuwan

Pengantar :

Manusia adalah bagian dari lingkungan,

Kehidupan manusia sangat tergantung pada keberadaan lingkungan. Baik itu lingkungan biotik dan maupun lingkungan abiotik.

Ketika lingkungan mengalami perubahan, maka secara otomatis kehidupan manusia akan mengalami perubahan yang ujungnya bisa berdampak merugikan manusia juga.

Salah satu perubahan lingkungan yang bisa terjadi adalah perubahan Iklim.

Pertanyaannya :

a.    Apa tanda terjadinya perubahan iklim yang dapat anda lihat, anda rasakan saat ini ?

b.    Apa saja sumber-sumber penyebab perubahan iklim ?

c.    Apa dampak yang terjadi dari perubahan iklim di lingkungan sekitar ?

Rumuskan jawaban sementara anda !

1.    ……………………………………………………………………………………………………

2.    ……………………………………………………………………………………………………

3.    ……………………………………………………………………………………………………

Aktivitas :

Untuk menguji kebenaran jawaban anda, silahkan lakukan kegiatan berikut !

1. Cermati video berikut !


dan baca dengan cermat Artikel berikut !

Perdebatan tentang pemanasan global (miskonsepsi)

Tidak semua ilmuwan setuju tentang keadaan dan akibat dari pemanasan global. Beberapa pengamat masih mempertanyakan apakah temperatur benar-benar meningkat. Yang lainnya mengakui perubahan yang telah terjadi tetapi tetap membantah bahwa masih terlalu dini untuk membuat prediksi tentang keadaan di masa depan. Kritikan seperti ini juga dapat membantah bukti-bukti yang menunjukkan kontribusi manusia terhadap pemanasan global dengan berargumen bahwa siklus alami dapat juga meningkatkan temperatur. Mereka juga menunjukkan fakta-fakta bahwa pemanasan berkelanjutan dapat menguntungkan di beberapa daerah.

Para ilmuwan yang mempertanyakan pemanasan global cenderung menunjukkan tiga perbedaan yang masih dipertanyakan antara prediksi model pemanasan global dengan perilaku sebenarnya yang terjadi pada iklim. Pertama, pemanasan cenderung berhenti selama tiga dekade pada pertengahan abad ke-20; bahkan ada masa pendinginan sebelum naik kembali pada tahun 1970-an. Kedua, jumlah total pemanasan selama abad ke-20 hanya separuh dari yang diprediksi oleh model. Ketiga, troposfer, lapisan atmosfer terendah, tidak memanas secepat prediksi model. Akan tetapi, pendukung adanya pemanasan global yakin dapat menjawab dua dari tiga pertanyaan tersebut.

Kurangnya pemanasan pada pertengahan abad disebabkan oleh besarnya polusi udara yang menyebarkan partikulat-partikulat, terutama sulfat, ke atmosfer. Partikulat ini, juga dikenal sebagai aerosol, memantulkan sebagian sinar matahari kembali ke angkasa luar. Pemanasan berkelanjutan akhirnya mengatasi efek ini, sebagian lagi karena adanya kontrol terhadap polusi yang menyebabkan udara menjadi lebih bersih.

Keadaan pemanasan global sejak 1900 yang ternyata tidak seperti yang diprediksi disebabkan penyerapan panas secara besar oleh lautan. Para ilmuan telah lama memprediksi hal ini tetapi tidak memiliki cukup data untuk membuktikannya. Pada tahun 2000, U.S. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) memberikan hasil analisa baru tentang temperatur air yang diukur oleh para pengamat di seluruh dunia selama 50 tahun terakhir. Hasil pengukuran tersebut memperlihatkan adanya kecenderungan pemanasan: temperatur laut dunia pada tahun 1998 lebih tinggi 0,2 derajat Celsius (0,3 derajat Fahrenheit) daripada temperatur rata-rata 50 tahun terakhir, ada sedikit perubahan tetapi cukup berarti.

Pertanyaan ketiga masih membingungkan. Satelit mendeteksi lebih sedikit pemanasan di troposfer dibandingkan prediksi model. Menurut beberapa kritikus, pembacaan atmosfer tersebut benar, sedangkan pengukuran atmosfer dari permukaan Bumi tidak dapat dipercaya. Pada bulan Januari 2000, sebuah panel yang ditunjuk oleh National Academy of Sciences untuk membahas masalah ini mengakui bahwa pemanasan permukaan Bumi tidak dapat diragukan lagi. Akan tetapi, pengukuran troposfer yang lebih rendah dari prediksi model tidak dapat dijelaskan secara jelas.

Sumber : https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pemanasan-global-global-warming-76

berdasarkan video dan artikel di atas, konfirmasikan jawaban sementara anda dengan informasi yang anda terima.

2. Setelah itu diskusikan dengan teman anda !:

1) Bandingkan antara miskonsepsi dengan realitas yang terjadi mengenai perubahan iklam.

2) Tulis di buku catatan anda apa saja yang anda pikirkan mengenai perubahan iklim 

Untuk melengkapi informasi anda bisa mengakses beberapa sumber berikut !

Referensi artikel:
1. https://www.kompas.com/tag/dampak-perubahan-iklim
2. https://www.dw.com/id/menyorot-ancaman-perubahan-iklim-di-tengah-pandemi/a-55091002
3. https://teknologi.bisnis.com/read/20201027/84/1310532/indonesia-alami-perubahan-iklim
-ekstrem-di-september-2020#:~:text=10%2F2020
)
4. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201022163018-199-561642/bmkg-ungkap-mas
a-masa-kritis-perubahan-iklim-dunia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD : Percobaan Fermentasi Alkohol (Respirasi)

LKPD : Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Pertumbuhan Tanaman

LKPD : Katabolisme (Respirasi )