LKPD : Tingkatan Keanekaragaman Hayati

Topik  :

TINGKATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

Tujuan :

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran , peserta didik mampu untuk mendeskripsikan perbedaan antara keanekaragaman hayati tingkat gen, tingkat species dan tingkat ekosistem. Serta memberikan paling sedikit 2 contoh masing-masing tingkatan

Pengantar :

Keanekaragaman hayati berarti keberagaman yang ada pada mahkluk hidup dari yang hidup liar di alam sampai yang hidup dibudidayakan oleh manusia. Keanekaragaman ini bisa berupa variasi ciri fisik, sifat atau karakteristik lainnya.

Keanekaragaman pada mahkluk hidup ini terjadi akibat adanya faktor genetik atau keturunan dan perbedaan faktor lingkungan. Keberagaman dapat ditemukan pada beberapa  tingkatan.

Tingkat Keanekaragaman Hayati

 

? Apa perbedaan antara keanekaragaman tingkat gen dengan tingkat kromosom ?

? Apa contoh-contoh keanekaragaman hayati pada setiap tingkatan ?

Aktivitas :

1) Manusia di bumi ini diciptakan berbangsa-bangsa, bersuku-suku dengan variasi ciri, karakteristik, sifat yang mudah dikenali. Coba anda Amati dan cermatilah gambar/foto bermacam ras manusia berikut ini !

2) berdasarkanpengamatan yang telah anda lakukan, cobalah paling sedikit 3 pertanyaan/ rumusan masalah yang berkaitan dengan topik pembelajaran kali ini, yaitu Tingkatan Keanekaragaman Hayati.

Rumusan masalah/pertanyaan :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3) kumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi. Gunakan sumber belajar yang tersedia, misalnya :

Buku : Irnaningtyas,2013,biologi untuk SMA/MA kelas X MIPA,Jakarta,Erlangga.

webblog : https://ebiosma.blogspot.com/2021/08/tingkat-keanekaragaman-hayati.html

dan atau lainnya.

4) diskusikan hasil penyelidikan anda dengan teman satu kelompok, bandingkan dengan sumber-sumber lainnya. Konsultasikan dengan guru anda.

5) Rumuskan kesimpulan berdasarkan temuan-temuan yang ada.

6) Presentasikan hasil penyelidikan anda di hadapan teman-teman dan guru anda !

Kesimpulan :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD : Katabolisme (Respirasi )

LKPD : Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Pertumbuhan Tanaman

LKPD : Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati