LKPD : Tingkatan Keanekaragaman Hayati
Topik :
TINGKATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI
Tujuan :
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran , peserta didik mampu untuk
mendeskripsikan perbedaan antara keanekaragaman hayati tingkat gen, tingkat
species dan tingkat ekosistem. Serta memberikan paling sedikit 2 contoh
masing-masing tingkatan
Pengantar :
Keanekaragaman
hayati berarti keberagaman yang ada pada mahkluk hidup dari
yang hidup liar di alam sampai yang hidup dibudidayakan oleh manusia. Keanekaragaman
ini bisa berupa variasi ciri fisik, sifat atau karakteristik lainnya.
Keanekaragaman
pada mahkluk hidup ini terjadi akibat adanya faktor
genetik atau keturunan dan perbedaan faktor lingkungan. Keberagaman dapat
ditemukan pada beberapa tingkatan.
Tingkat Keanekaragaman Hayati
? Apa perbedaan antara keanekaragaman tingkat gen dengan
tingkat kromosom ?
? Apa contoh-contoh keanekaragaman hayati pada setiap tingkatan ?
Aktivitas
:
1) Manusia di bumi ini diciptakan berbangsa-bangsa, bersuku-suku dengan variasi ciri, karakteristik, sifat yang mudah dikenali. Coba anda Amati dan cermatilah gambar/foto bermacam ras manusia berikut ini !
2) berdasarkanpengamatan yang telah anda lakukan, cobalah paling sedikit 3 pertanyaan/ rumusan masalah yang berkaitan dengan topik pembelajaran kali ini, yaitu
Tingkatan Keanekaragaman Hayati.
Rumusan masalah/pertanyaan :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3) kumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
tadi. Gunakan sumber belajar yang tersedia, misalnya :
Buku : Irnaningtyas,2013,biologi untuk SMA/MA kelas X
MIPA,Jakarta,Erlangga.
webblog : https://ebiosma.blogspot.com/2021/08/tingkat-keanekaragaman-hayati.html
dan atau lainnya.
4) diskusikan hasil penyelidikan anda dengan teman satu kelompok,
bandingkan dengan sumber-sumber lainnya. Konsultasikan dengan guru anda.
5) Rumuskan kesimpulan berdasarkan temuan-temuan yang ada.
6) Presentasikan hasil penyelidikan anda di hadapan teman-teman dan guru anda !
Kesimpulan :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Komentar
Posting Komentar